Abstrak. Saat ini terdapat anak-anak yang mengalami hambatan dalam aspek perkembangan sosial emosionalnya seperti rasa takut atau malu ketika berinteraksi atau bermain dengan teman sebayanya maupun orang lain, tidak dapat terbuka kepada orang tua, tidak dapat mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakan. Hal ini terjadi karena salah satu faktornya yaitu pola asuh orang tua bekerja. Orang tua bekerja harus lebih mengetahui jenis pola asuh terbaik untuk memeberikan pengasuhan kepada anak agar perkembangan sosial emosional anak berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun yang orang tuanya bekerja di Jalan Babakan Tarogong Gang Laksana Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua bekerja yaitu menerapkan pola asuh demokratis dan permisif. Pola asuh demokratis memberikan dampak yang baik sehingga membuat perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun berkembang. Sedangkan pola asuh permisif memberikan dampak yang kurang baik sehingga membuat perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun kurang berkembang. Abstract. Currently there are children who experience obstacles in aspects of their social emotional development such as fear or embarrassment when interacting or playing with peers or other people, unable to open up to parents, unable to express the feelings that are being felt. This happens because one of the factors is the parenting style of working parents. Working parents should be more aware of the best type of parenting to provide care to children so that children's social emotional development develops well. The purpose of this study was to look at the social-emotional development of children aged 4-6 years whose parents work on Jalan Babakan Tarogong Gang Laksana Bandung City. This type of research is a qualitative approach with descriptive methods. The results showed that parenting patterns of working parents are applying democratic and permissive parenting. Democratic parenting has a good impact so that the social emotional development of children aged 4-6 years develops. While permissive parenting has a less favorable impact, making the social emotional development of children aged 4-6 years less developed.
Copyrights © 2025