Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Mengkaji Secara Konseptual dan Aplikatif isu-isu Utama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Barkah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual dan aplikatif isu-isu utama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan uraian tematik dalam buku Kapita Selekta Bahasa Indonesia karya Resmini dan Hartati. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian pustaka untuk menganalisis kedudukan, fungsi, dan tantangan strategis Bahasa Indonesia dalam konteks pendidikan nasional dan perkembangan era literasi digital. Fokus analisis diarahkan pada ranah linguistik, keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), serta integrasi nilai budaya dan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran multidimensional sebagai sarana komunikasi ilmiah, ekspresi budaya, dan pembentukan jati diri bangsa. Namun demikian, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan seperti dominasi pendekatan struktural-gramatikal, rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan minimnya inovasi dalam penggunaan media literasi multimodal. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan strategi pembelajaran yang lebih komunikatif, kontekstual, dan reflektif agar Bahasa Indonesia tidak hanya dipahami sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai wahana peradaban dan transformasi sosial dalam pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...