JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Persepsi dan Kebutuhan Peserta Didik terhadap Bahan Ajar Biologi yang Digunakan Guru di Kelas XI SMA Negeri 1 Bintan Timur

Oktaviani, Elisa (Unknown)
Nurhazianti, Nurhazianti (Unknown)
Safitri, Yunita (Unknown)
Rahma, Auliya (Unknown)
Oktavia, Rosima (Unknown)
Sarkity, Dios (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Dalam implementasi kurikulum merdeka, penggunaan bahan ajar merupakan salah satu komponen yang penting untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis persepsi dan kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar biologi yang digunakan oleh guru di kelas XI SMA Negeri 1 Bintan Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan instrument berupa angket dan dua pertanyaan isian singkat. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas XI.A yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen angket mencakup lima indikator, yaitu preferensi dan kekurangan bahan ajar, kemudahan pemahaman materi, daya tarik visual, ketersediaan bahan ajar dengan kebutuhan peserta didik, dan kemadirian belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum peserta didik memiliki persepsi sangat baik terhadap bahan ajr biologi yang digunakan guru dengan rata-rata skor di atas 75%). Peserta didik menyatakan lebih menyukai bahan ajar yang interaktif dan mudah diakses, serta membutuhkan bahan ajar tambahan untuk memahami materi yang sulit seperti topik virus. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan bahan ajar yang kontekstual, dengan desain yang interaktf dalam menunjang pembelajaran biologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...