JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Perkembangan Kosakata Anak dalam Konteks Penggunaan Dwibahasa

Fadila, Sisca Nurul (Unknown)
Dewi, Ratih Kusuma (Unknown)
A’yuna, Hasna Qurrota (Unknown)
Fikriah, Atsilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pola perkembangan dwibahasa pada anak usia dini dengan menitikberatkan pada strategi keluarga dan tantangan yang dihadapi. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan tiga orang tua (OT1, OT2, OT3) yang memiliki pendekatan berbeda dalam mengenalkan dua bahasa. OT1 memprioritaskan Bahasa Inggris sejak dini, sedangkan OT2 menggunakan Bahasa Inggris dan Indonesia secara kontekstual, dengan Bahasa Indonesia dominan di rumah. OT3 membesarkan anak dalam lingkungan dwibahasa Indonesia-Jepang akibat tinggal di luar negeri. Hasil menunjukkan tantangan umum berupa kesulitan awal menguasai bahasa kedua, campur kode, dan pelafalan yang belum sempurna. Namun, dukungan orang tua melalui penyediaan media yang sesuai serta penghargaan terhadap preferensi bahasa anak terbukti berperan penting dalam proses adaptasi. Temuan ini menggarisbawahi perlunya keterlibatan aktif keluarga untuk mendukung perkembangan dwibahasa yang seimbang pada anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...