JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VIII SMP Negeri 6 Lembang

Fitri, Anandia Azzahra Ayu (Unknown)
Komalasari, Kokom (Unknown)
Fitriasari, Susan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Latar belakang masalah mengidentifikasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMP di bidang ini, seperti yang tercermin dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Salah satu penyebab utama adalah kurangnya partisipasi dan inisiatif siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, studi ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC mengalami kenaikan rata-rata 30,55 poin, sedangkan kelas kontrol hanya 13,65 poin. Hal ini menunjukkan bahwa model RADEC lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional, dengan selisih peningkatan 16,90 poin. Hasil uji hipotesis (uji independent sample t-test) menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada tes akhir (p = <0,001). Kondisi ini menyebabkan Hipotesis Alternatif (H1) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...