JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Ontologi Pendidikan Islam dan Relevansi terhadap Gen Z di Dunia Pendidikan Perspektif Al-Farabi

Andria, Nia Rahminata (Unknown)
Aprison, Wedra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Ontologi Pendidikan Islam perspektif Al-Farabi menekankan hierarki wujud (maujudat) yang terdiri dari empat tingkatan: Allah sebagai wajib al-wujud, malaikat, benda langit, dan benda bumi. Klasifikasi ini menjadi landasan pendidikan untuk mengembangkan potensi manusia secara holistikintelektual, moral, dan spiritual melalui penguasaan ilmu bahasa sebagai fondasi pengetahuan. Al-Farabi menekankan bahwa pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tertentu, dengan metode pembelajaran yang melibatkan tahap pertumbuhan, penginderaan, khayalan, dan berpikir. Relevansinya terhadap Gen Z terletak pada integrasi nilai moral dalam kurikulum pendidikan di era digital, di mana teknologi harus diimbangi dengan penguatan karakter untuk membentuk insan kamil (manusia sempurna). Tantangan seperti isolasi komunitas keagamaan, stres akademik, dan krisis identitas pada Gen Z memerlukan pendekatan pragmatis yang memadukan ilmu umum dengan nilai-nilai Islam, sesuai pemikiran Al-Farabi tentang pentingnya keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan akhlak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...