Pemilihan metode pembelajaran yang tepat berperan penting dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi, terutama untuk materi yang bersifat normatif seperti Wawasan Kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dampak dari tiga metode pembelajaran belajar kelompok, belajar mandiri, dan diskusi terhadap pemahaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pada tiga kelompok mahasiswa berbeda. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA satu jalur dan uji lanjutan Tukey. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara ketiga metode pembelajaran terhadap pemahaman mahasiswa (Sig. = 0,123 > 0,05). Namun, secara deskriptif, metode belajar kelompok menunjukkan rerata pemahaman tertinggi. Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang bersifat kolaboratif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025