JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Perbandingan Sikap dan Pemahaman Mahasiswa terhadap Materi Kuliah dengan Metode Belajar Kelompok, Mandiri, dan Diskusi

Maharani, Silvia (Unknown)
Hasanah, Andila Nurul (Unknown)
Salsabila, Siti Salwa (Unknown)
Nurfauzi, Dwiky (Unknown)
Rahayu, Teten Ginanjar (Unknown)
Putri, Hafiziani Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat berperan penting dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi, terutama untuk materi yang bersifat normatif seperti Wawasan Kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dampak dari tiga metode pembelajaran belajar kelompok, belajar mandiri, dan diskusi terhadap pemahaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pada tiga kelompok mahasiswa berbeda. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA satu jalur dan uji lanjutan Tukey. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara ketiga metode pembelajaran terhadap pemahaman mahasiswa (Sig. = 0,123 > 0,05). Namun, secara deskriptif, metode belajar kelompok menunjukkan rerata pemahaman tertinggi. Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang bersifat kolaboratif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...