Penelitian ini mengevaluasi keefektifan Word Wall Media sebagai alat bantu pembelajaran berbasis kuis dalam pengajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test control group design, penelitian ini melibatkan 2 kelas dengan jumlah siswa 64 orang. Beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, seperti nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam penelitian ini, yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 74,21 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memperoleh nilai rata-rata 59,53. Uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 yang berarti Word Wall berbasis kuis berpengaruh signifikan terhadap pencapaian kosakata siswa. Sebagai kesimpulan, penggunaan Word Wall Media sebagai metode pembelajaran berbasis kuis memberikan hasil yang baik terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Penelitian ini mendukung penggunaan teknologi permainan sebagai metode inovatif dalam pendidikan, yang memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif, serta memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025