Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang kelas XI SMA Negeri 1 Jeneponto, untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang kelas XI SMA Negeri 1 Jeneponto, dan untuk mengetahui pemahaman peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang kelas XI SMA Negeri 1 Jeneponto terhadap ketuntasan belajar secara klasikal. Jenis penelitian ini tergolong penelitian metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi kelas XI yang ada pada sekolah tersebut adalah 8 kelas dengan total keseluruhan yaitu 261 siswa/i, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI 4 di SMA Negeri 1 Jeneponto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan modul ajar. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum (pre-test) penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang diperoleh nilai rata-rata sebesar 40.62, sedangkan untuk nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah (post-test) penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang diperoleh nilai rata-rata sebesar 56.71. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan tarik tambang kelas XI SMA Negeri 1 Jeneponto terhadap ketuntasan belajar secara klasikal belum mencapai ketuntasan secara klasikal, yaitu sebesar 75%-85%.
Copyrights © 2025