Penelitian ini di latarbelakangi oleh pergantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. tujuan penelitian ini untuk memperoleh data mengenai penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) ditinjau dari : aktivitas penggunaan PMM, frekuensi penggunaan PMM, dan feedback penggunaan PMM. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMA Negeri Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 220 orang orang dengan sampel sebanyak 145 orang guru yang di pilih melalui teknik Proprsional Stratafied Random Sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan model skala likert dengan lima alternatif jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Platform Merdeka Mengajar sudah terlaksana dengan baik dimana : aktivitas penggunaan PMM memperoleh skor rata-rata 4,13, frekuensi penggunaan PMM 3,89 dan feedback penggunaan PMM 4,08. Temuan ini menunjukkan bahwa pengggunaan platform merdeka mengajar di Kecamatan Koto Tangah berjalan efektif pada ketiga aspek yang di teliti.
Copyrights © 2025