STEAM adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran, dimana dalam proses pembelajarannya menerapkan lima disiplin ilmu yakni Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics. Pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di Kelas IVA SDN Lampeuneurut adalah masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar tentang bagaimana energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lain, dalam hal ini dari energi air menjadi energi gerak. Kegiatan proses belajar mengajar masih mengadopsi pendekatan konvensional, di dalam kelas kegiatan pembelajaran terasa monoton, dimulai dari guru menyampaikan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan kemudian peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran berbasis STEAM terhadap hasil belajar peserta didik pada materi transformasi energi kelas IV SDN lampeunerut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 33 orang peserta didik di kelas IVA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui implementasi pendekatan pembelajaran berbasis STEAM pada materi transformasi energi, terlihat hasil belajar peserta didik sangat memuaskan dengan ketuntasan klasikal peserta didik yaitu 93,9 %, jumlah peserta didik yang tuntas secara individual adalah 31 orang dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas secara individual adalah 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri Lampeuneurut, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berbasis STEAM pada materi transformasi energi membuat peserta didik lebih antusias dan cepat dalam memahami materi transformasi energi, sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif, menyenangkan dan menjadi lebih bermakna
Copyrights © 2025