Penggunaan teknologi dalam pendidikan, terutama melalui penggunaan Sumber Daya Pendidikan Terbuka dan Daring (OER), seperti Coursera, telah mengubah cara pembelajaran dan pengajaran ilmu sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan Coursera dan platform OER lainnya untuk meningkatkan pemahaman siswa ilmu sosial tentang sejarah dunia. Penelitian ini melibatkan survei dan wawancara dengan siswa dan guru dari beberapa sekolah menengah yang dipilih. Metode campuran digunakan dalam pendekatan ini. Sementara statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif, tanggapan kualitatif dikaji secara tematik. Hasil menunjukkan bahwa 64% siswa mengakses platform OER lainnya dan 72% menggunakan Coursera. Sebagian besar orang yang menjawab mengakui bahwa mereka telah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi sejarah. Mereka menyebutkan manfaat utama aksesibilitas, fleksibilitas, dan keberagaman materi tersebut. Namun, sejumlah tantangan juga ditemukan, seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya pengetahuan tentang platform. Studi ini menemukan bahwa platform OER dapat membantu pembelajaran inklusif dan individual ketika digunakan dengan benar. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memprioritaskan dampak jangka panjang dan pendekatan untuk menyelaraskan konten OER global dengan kurikulum nasional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025