JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika di Sekolah Dasar

Laia, Maria Destinariang Sari (Unknown)
Hulu, Nian Sari (Unknown)
Sitorus, Hizkia Parmonangan (Unknown)
Silalahi, Taruli Marito (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitau untuk menyelidiki bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh model pembelajaran TPS. Model TPS adalah pendekatan pembelajaran kooperatif yang mendorong pemikiran mandiri, percakapan berpasangan, dan berbagi hasil diskusi dengan kelompok atau seluruh kelas. Penelitian ini menggunakan metode literatur untuk mengkaji beberapa penelitian yang menggunakan TPS dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam komunikasi konsep, konstruksi argumen, dan pemecahan masalah matematika. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model TPS bekerja dengan baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa karena mendorong keterlibatan, kerja sama tim, dan introspeksi, yang memperdalam pemahaman mereka tentang ide-ide matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...