JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan

Dirga, Muh. Fisqi (Unknown)
Putri, Mita Dwi (Unknown)
Hutria, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana motivasi dan kemampuan kerja mempengaruhi kesiapan profesional siswa di SMK yang mengambil program Keahlian Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, melibatkan 56 peserta sebagai populasi, dan metode pengambilan sampel yang dipilih adalah sampling jenuh. Data diperoleh melalui instrumen angket yang disebarkan langsung kepada para siswa. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan perangkat lunak IBM SPSS version 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi siswa di SMK dengan jurusan Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan cukup tinggi, terkait dengan tingkat kesiapan mereka dalam bekerja. (2) Dapat terlihat bahwa motivasi siswa mempunyai dampak yang cukup besar terhadap tingkat kesiapan kerja mereka. (3) Kemampuan dalam bekerja juga berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesiapan kerja siswa. (4) Terdapat hubungan yang jelas antara motivasi dan kemampuan kerja terhadap tingkat kesiapan kerja siswa dalam program keahlian konstruksi jalan, irigasi dan jembatan. Untuk langkah selanjutnya, disarankan kepada para pengajar (guru) agar dapat lebih meningkatkan motivasi yang diberikan kepada siswa demi mencapai hasil yang lebih optimal, terutama bagi siswa-siswa SMK yang menjalin program selama 4 tahun yang terdaftar di level III berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), seperti yang ada di SMKN 5 Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...