AKM: Aksi Kepada Masyarakat
Vol 6 No 1 (2025): AKM : Aksi Kepada Masyarakat Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat - Juli 2025

Penguatan SDM Kreatif dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Pemasaran UMKM Lamongan

Fauzi, Maulidza Nur (Unknown)
Musarofah, Siti (Unknown)
Masadah, Masadah (Unknown)
Pamudji, Lukman (Unknown)
Sudarmaji, Triho (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan pelaku UMKM Lamongan dalam memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) guna mendukung pemasaran produk secara kreatif, efisien, dan berkelanjutan, serta mendorong transformasi digital UMKM melalui pelatihan dan pendampingan berbasis teknologi.. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif berbasis komunitas, inisiatif ini melibatkan 50 peserta selama dua minggu, di mana mereka mengikuti lokakarya interaktif yang mencakup materi seperti dasar-dasar AI, pemasaran media sosial, dan branding. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan alat pemasaran digital, terlihat dari naiknya nilai asesmen dan keberhasilan membuat akun media sosial. Peserta juga merasa lebih percaya diri mempromosikan produk secara online. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan dukungan antar-UMKM untuk meningkatkan daya saing di pasar digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AKM

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

AKM: Aksi Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang merupakan jurnal peer-review yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. ...