Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran The Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan lokasi penelitian di SMPN 4 Barebbo. Subjek penelitian siswa kelas IX A dengan jumlah siswa 23 orang, teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi, dengan mengunakan analisis data deskriftif dengan mengunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa berada dalam kategori tidak tuntas dengan jumlah persentase 60% dan 10 siswa dikategorikan tuntas dari keseluruhan siswa dengan jumlah persentase 40%, pada siklus II terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya berada dalam kategori tidak tuntas dengan persentase 15%, dan 20 siswa yang berada dalam ketegori tuntas dari keseluruhan siswa dengan persentase 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan penerapan strategi pembelajaran The Power of Two mengalami peningkatan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 4 Barebbo.
Copyrights © 2024