BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 5 (2024): BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, November 2024

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 4 BAREBBO

Jumadil, Jumadil (Unknown)
Basri, Basri (Unknown)
Azis, Emmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran The Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan lokasi penelitian di SMPN 4 Barebbo. Subjek penelitian siswa kelas IX A dengan jumlah siswa 23 orang, teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi, dengan mengunakan analisis data deskriftif dengan mengunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa berada dalam kategori tidak tuntas dengan jumlah persentase 60% dan 10 siswa dikategorikan tuntas dari keseluruhan siswa dengan jumlah persentase 40%, pada siklus II terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya berada dalam kategori tidak tuntas dengan persentase 15%, dan 20 siswa yang berada dalam ketegori tuntas dari keseluruhan siswa dengan persentase 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan penerapan strategi pembelajaran The Power of Two mengalami peningkatan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 4 Barebbo. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

begibung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ...