Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis procedure text dengan menggunakan media gambar. Procedure text merupakan jenis teks yang menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan atau proses tertentu. Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa memahami urutan langkah-langkah dalam suatu prosedur dengan lebih jelas dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Dalam proses pembelajaran, gambar digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah suatu prosedur, yang kemudian diikuti oleh siswa dalam menulis teks prosedural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar sebagai media pembelajaran efektif dalam membantu siswa menyusun procedure text yang sistematis dan mudah dipahami. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengorganisasi informasi secara logis dan menyampaikan instruksi dengan jelas. Kesimpulan dari penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan media gambar secara kreatif dalam pembelajaran procedure text untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa.
Copyrights © 2025