Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 06 JUNI 2025

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD N 060922 MEDAN

Juliana (Unknown)
Siregar, Nela Suriani (Unknown)
Rumahorbo, Elisabet Jojor (Unknown)
Sinaga, Masriani (Unknown)
Tamba, Venantia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui pendekatan Tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di UPT SD Negeri 060922 Medan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IIIA UPT SDN 060922 yang beralamat di JL. Kemuning Kec. Medan Sunggal, kota Medan Prov. Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar siswa menjadi kendala utama yang memengaruhi hasil belajar, khususnya pada mata Pelajaran IPAS. Melalui pelaksanaan Tindakan yang dirancang dalam siklus-siklus pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi dan hasil belajara siswa setelah Tindakan dilakukan. Dengan demikian, pendekatan Tindakan kelas dapat menjadi Solusi efektif untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...