Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 06 JUNI 2025

PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR DI SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN: STUDI KASUS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS

Simarmata, Ester Julinda (Unknown)
Juliana (Unknown)
Manurung, Sri Yuni (Unknown)
Pregita, Sesylia (Unknown)
Sitanggang, Yuniarta Tiofani (Unknown)
Panjaitan, Susi Septiani Angelina (Unknown)
Manalu, Evelina Asyera (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Program Asistensi Mengajar merupakan salah satu bentuk implementasi pendidikan berbasis pengalaman langsung yang ditujukan untuk membekali mahasiswa calon guru dengan keterampilan pedagogik, manajerial, serta adaptasi teknologi dalam konteks sekolah dasar. Laporan ini merangkum pelaksanaan program Asistensi Mengajar oleh lima mahasiswa Prodi PGSD Universitas Katolik Santo Thomas yang berlangsung selama empat bulan di SD Negeri 065015 Medan Tuntungan. Kegiatan mencakup aspek akademik, non-akademik, administrasi sekolah, serta inovasi dalam pembelajaran melalui pemanfaatan media digital. Mahasiswa mengajar berbagai mata pelajaran inti seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPAS, dan PKN, serta terlibat aktif dalam pengelolaan kelas, pengembangan media pembelajaran, restorasi perpustakaan, perayaan keagamaan, kegiatan olahraga, dan proyek-proyek pembelajaran kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan kelas, kolaborasi, dan pemanfaatan teknologi pembelajaran, serta memberikan kontribusi positif bagi sekolah mitra dalam hal ide kreatif dan bantuan operasional. Refleksi menunjukkan bahwa program ini tidak hanya meningkatkan kesiapan profesional mahasiswa sebagai calon guru, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap dinamika pendidikan dasar secara nyata. Dengan demikian, program ini terbukti menjadi pengalaman transformatif yang menghubungkan teori pendidikan dengan praktik lapangan secara utuh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...