Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 8 (2025)

Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training untuk Mereduksi Konformitas Negatif: Perbandingan Jenis Kelamin

Wahyudi, Chandra (Unknown)
Nurasyah, Nurasyah (Unknown)
Mujib, Abdul (Unknown)
Purba, Dewi Febriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas layanan konseling kelompok teknik assertive training dalam mereduksi konformitas negatif dan membandingkan efektivitasnya berdasarkan jenis kelamin. Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan pretest-posttest one group design melibatkan 7 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas negatif dan dianalisis dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal (Kolmogorov-Smirnov sig. = 0,200 > 0,05; Shapiro-Wilk pretest sig. = 0,777, posttest sig. = 0,928). Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest (sig. 2-tailed = 0,000 < 0,05), dengan rata-rata skor pretest 128,14 menurun menjadi 68,29 pada posttest, membuktikan efektivitas assertive training dalam mereduksi konformitas negatif. Analisis perbandingan jenis kelamin menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada skor pretest antara laki-laki dan perempuan (p = 0,400 > 0,05), mengindikasikan kondisi baseline yang setara. Demikian pula, analisis posttest menunjukkan tidak ada perbedaan jenis kelamin yang signifikan (p = 0,788 > 0,05), menunjukkan bahwa assertive training sama-sama efektif untuk kedua jenis kelamin. Temuan mendukung bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat diimplementasikan secara universal tanpa modifikasi khusus jenis kelamin, memberikan dasar evidence-based untuk praktik konseling yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...