Celebes Journal of Community Services
Vol. 4 No. 2 (2025): Juni - November

Pendampingan Digitalisasi Bisnis Produk Bajumper (Batik Jumputan Perjuangan) Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Kemandirian Industri Kreatif

Syarifah, Tengku (Unknown)
Pratama, Lucky Satria (Unknown)
Tri Andriani (Unknown)
Lubis, Alweni Khoiriyah (Unknown)
Siregar, Azizah (Unknown)
Br Barus, Melyana (Unknown)
Br Barus, Melyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Digitalisasi bisnis merupakan salah satu solusi utama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan daya saing dan memperluas pasar. Program pendampingan ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mengimplementasikan strategi digitalisasi dalam bisnis Batik Jumputan Perjuangan (BAJUMPER), produk khas dari Desa Perjuangan, Kabupaten Batu Bara. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan yang difokuskan pada pemasaran digital, penggunaan media sosial, e-commerce, serta strategi branding berbasis kearifan lokal. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa mitra mengalami peningkatan pemahaman terhadap digitalisasi bisnis, mampu mengelola akun bisnis di platform digital, serta mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial dan marketplace. Keberlanjutan program ini dilakukan melalui pembentukan komunitas digital bagi pelaku UMKM BAJUMPER untuk saling berbagi informasi dan pengalaman. Program ini diharapkan dapat menjadi model dalam memberdayakan UMKM berbasis industri kreatif di daerah lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

celeb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Celebes Journal of Community Services with ISSN 2962-4088 is a biannual scientific multidisciplinary journal published by STIE Amkop Makassar, Indonesia. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is ...