IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu
Vol 4 No 1 (2025): IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu

Pengenalan Zat Aditif Menggunakan Metode Eksperimen dan Konvensional Pada Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar

Efendi, Nofriza (Unknown)
Amri, Andi (Unknown)
Rahmat, Hayatul Khairul (Unknown)
Noviandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan pembelajaran metode eksperimen dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen menggunakan desain quasi experiment dengan bentuk two-group posttest-only design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi kelas VA dan kelas VB. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VA sebagai kelompok pembelajaran kontekstual dan 30 siswa kelas VBsebagai kelompok pembelajaran konvensional yang terpilih berdasarkan teknik simple random sampling.Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t diperoleh thitung 4,74> ttabel 1,67155 pada taraf α 0,05. Hal ini berarti penggunaan pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif dalam IPA siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-ibers

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu. (IBERS) adalah jurnal yang mempublikasikan artikel pendidikan dalam rangka mendidik anak bangsa. Jurnal ini menerima artikel dengan pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif dan Mix Method dengan tema : Integritas, nasionalisme, moral dan etika. ...