Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 1 (2025): JPP PAUD Untirta

Pembelajaran Robotika Pada Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur

Akhmad, Akhmad (Unknown)
Gudnanto, Gudnanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, seperti media robotik dapat meningkatkan pemahaman anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendidikan robotika terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur dari jurnal ilmiah di Indonesia. Terdapat tujuh artikel penelitian yang menunjukkan bahwa robotika secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap konsep STEM, kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial. Temuan secara konsisten menunjukkan peningkatan dalam berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim. Integrasi pembelakaran robotika dalam pendidikan anak usia dini mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan di era digital. Kajian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran robotika sangat meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial anak usia dini, dan merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, infrastruktur, sumber daya, dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Pendidikan robotika harus menjadi bagian integral dari kurikulum anak usia dini untuk membekali anak-anak dengan keterampilan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpppaud

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD) is a scientific journal published by Early Childhood Teacher Education Departement (PGPAUD), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). This journal publishes the latest articles in the fields of Early Childhood Education. ...