Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta tahun ajaran 2023/2024. Penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menjadi suatu permasalahan yang harus ditangani.. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta. Sampel yang digunakan adalah 17 siswa untuk kelas eksperimen dan 16 siswa untuk kelas kontrol. Soal tes yang akan digunakan untuk penelitian, sebelumnya diuji cobakan terlebih dahulu di kelas VB SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta. Pada nilai posttest yang telah dilakukan diperoleh nilai posttest kelas eksperimen rata-rata 84,7 dan rata- rata nilai posttest kelas kontrol adalah 76,56. Pengujian hipotesis posttest hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,047 0,05 dan nilai lower 0,11484 dan nilai upper 16,17192 tidak melewati 0. Berdasarkan hasil tersebut, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa media wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta.
Copyrights © 2025