Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SD

Jati, Ismail Wahyu (Unknown)
Wicaksono, Anggit Grahito (Unknown)
Jumanto, Jumanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk menemukan hubungan signifikan diantara literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis di kalangan siswa kelas IV di SDN Joglo Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek yang peneliti tetapkan berjumlah 28 siswa di mana mereka dijadikan sampel melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan berbagai metode, termasuk tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Keseluruhan item soalnya telah dinyatakan reliabel dan valid melalui uji reliabilitas dan validitas. Data yang dihimpun dinyatakan berpola linear dan mempunyai distribusi normal sesuai hasil uji prasyaratnya. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif signifikan diantara literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa, dimana nilainya berkoefisien kuat. Artinya proses kenaikan literasi sains pada siswa berhubungan erat dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...