Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group sebagai desain dalam penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa dari seluruh kelas V di SD Negeri 060943 Medan yang terdiri dari 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas control. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian melalui uji hipotesis yaitu uji Independent Sample t test menunjukkan bahwa nilai sig.two tailed <0,001, yang artinya kurang dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2025