Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

INTEGRASI KONSEP MATEMATIKA DALAM BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT KARO DI SUMATERA UTARA

Riskiyana, Nissa (Unknown)
Ginting, Hanny Pebri Olivia (Unknown)
Sitepu, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

 Matematika memiliki peran penting dalam budaya dan tradisi etnis Karo di Sumatera Utara, baik dalamkonteks kehidupan sehari-hari maupun dalam berbagai upacara adat. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi danmenganalisis penerapan konsep-konsep matematika dalam berbagai aspek budaya Karo, seperti sistem perhitunganwaktu, pola geometris pada tenunan, serta struktur hierarki sosial dalam upacara adat. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk menggali pemahamanmasyarakat Karo tentang matematika yang diintegrasikan dalam tradisi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwamasyarakat Karo secara tidak langsung telah menggunakan prinsip-prinsip matematika dalam berbagai aspekkehidupan, yang mencerminkan kearifan lokal dan keterkaitan antara matematika dan kebudayaan. Temuan inimemberikan wawasan baru tentang bagaimana matematika berfungsi sebagai bagian integral dari budaya etnis Karodan memberikan kontribusi signifikan terhadap pelestarian tradisi mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...