Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN PPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hutasoit, Sely Novianti (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Afriadi, Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran role playing berbantuan ppt berbantuan ppt terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD 030290 Punguan Nauli. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan dipilih satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu V-C sebanyak 22 orang. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian experimen dengan one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang sudah memenuhi syarat pengujian instrument. Berdasarkan tes yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pada tesawal adalah 45,68. Sedangkan pada tes akhi, diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,18. Dari hal tersebut, diketahui terjadi peningkatan hasil belajar. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa= 14,138 dan Dari data tersebut dapat diketahui > yaitu 14,138> 1,720, hal ini berarti diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran role playing berbantuan ppt terhadap hasil belajar IPAS Kelas V SD 030290 Punguan Nauli.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...