Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR KLIPPA

Nainggolan, Silvia Varanisa (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)
Ambarita, Dody Feliks Pandimun (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS, dibuktikan oleh 62,5% siswa yang melakukan ujian harian masih berada di bawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa T.A. 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest - Postest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa yang berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 32 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar materi Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu Uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, Hâ‚€ ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan model talking stick berbantuan media mystery box dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya Kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa T.A. 2024/2025. Kata kunci: Talking Stick, IPAS, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...