Analisis variansi merupakan salah satu materi yang ada pada mata kuliah statistik dasar dan dianggap sulit bagi mahasiswa. Hal ini terlihat dari sangat minimnya mahasiswa yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Think Pair Share pada materi analisis variansi. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang menggunakan dua kelas jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi analisis variansi secara signifikan. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang dikenai pembelajaran Think Pair Share terbiasa aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan untuk memahami konsep yang dipelajari dan juga aktif dalam presentasi. Maka dari itu, model pembelajaran Think Pair Share cocok diterapkan dalam perkuliahan, khususnya pada pembahasan materi analisis variansi. Lebih lanjut, dampaknya dapat meningkatkan persentase mahasiswa jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data dalam penelitiannya.
Copyrights © 2025