Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Validitas E-Modul Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa

Shelfia, Ingga (Unknown)
Nuryadi, Nuryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi desain modul elektronik berbasis problem solving yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) meskipun penelitian ini fokus pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Godean, dua validator ahli materi, dan dua validator ahli media. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik memperoleh skor rata rata 73 dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, dan skor ratarata 64 dengan kriteria sangat valid dari ahli media. Dengan demikian, modul elekronik ini memenuhi kriteria validitas yang sangat baik dan layak untuk digunakan dalam tahap pengujian lebih lanjut, termasuk uji kepraktisan dan keefektifan produk. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menyediakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan lberpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...