Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan metode pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode Cooperative Script terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru yang berjumlah 283 Siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini kelas X.7 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa antara penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (13,207 > 2,00) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 38,65 lebih tinggi dari kelas kontrol 32,79.
Copyrights © 2025