Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Analisa Serangan Ransomware “Lockbit” Pada Tahun 2022-2023

Utomo, Azaharia Della (Unknown)
Anggraini, Nadia (Unknown)
Setiawan, Tony (Unknown)
Ripki, Ripki (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Ransomware merupakan ancaman yang signifikan dan terus berkembang dalam lanskap keamanan siber, dengan LockBit muncul sebagai aktor terkemuka pada tahun 2022 dan 2023. Makalah ini memberikan analisis komprehensif tentang serangan Ransomware LockBit, merinci kronologi peristiwa penting, metodologi yang digunakan, dan dampaknya terhadap korban. Operasi LockBit, yang dicirikan oleh model Ransomware-as-a-Service (RaaS), telah memperluas jangkauan serangan Ransomware, menargetkan berbagai sektor termasuk kesehatan dan energi. Studi ini meneliti metode serangan utama seperti phishing, eksploitasi kerentanan, dan taktik pemerasan ganda, yang mengungkapkan kerugian finansial yang substansial, gangguan operasional, dan kerusakan reputasi yang dihadapi oleh organisasi yang terkena dampak. Langkah-langkah pencegahan diusulkan, menekankan pendidikan pengguna, pembaruan perangkat lunak yang tepat waktu, autentikasi multi-faktor, cadangan data secara teratur, dan sistem deteksi dini. Temuan tersebut menekankan perlunya organisasi untuk mengadopsi strategi keamanan siber yang proaktif, berkolaborasi dengan pihak berwenang, dan menghindari pembayaran tebusan. Pada akhirnya, analisis ini menyoroti kebutuhan mendesak akan kebijakan keamanan yang kuat dan mekanisme respons cepat untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh ancaman Ransomware canggih seperti LockBit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...