Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Perancangan Multimedia Iklan Produk UMKM Jajanan 3 Sedare

Febriani, Sabrina Asiah (Unknown)
Muni, Abdul (Unknown)
Rianto, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan pilar utama perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan dalam memasarkan produk secara optimal di era digital. Penelitian ini bertujuan merancang iklan multimedia berbentuk video promosi untuk UMKM Jajanan 3 Sedare yang dikenal dengan produk bomboloni lumer. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Godfrey, yang terdiri dari enam tahapan mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian. Dua konsep video dikembangkan: video pertama menampilkan proses produksi secara nyata, sedangkan video kedua menggunakan pendekatan visual kreatif seperti stop motion, motion graphic, dan cinematic style. Evaluasi dilakukan melalui pengujian alfa dan beta, dengan hasil masing-masing 80,6% dan 88,75%. Responden terdiri dari ahli multimedia dan masyarakat umum. Hasil menunjukkan bahwa video kedua lebih efektif dalam menarik perhatian dan menyampaikan pesan promosi. Setelah implementasi video, pendapatan meningkat dari Rp 1.895.000 menjadi Rp 2.800.000, dengan kenaikan rata-rata transaksi sebesar 64,17%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video promosi yang menarik dapat meningkatkan daya tarik konsumen serta penjualan. Selain itu, disarankan penggunaan aplikasi pencatatan keuangan untuk memantau performa penjualan secara sistematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...