Sebagai fasilitas layanan kesehatan masyarakat, Puskesmas Nagi kerap menerima keluhan dan saran dari masyarakat. Selama ini masyarakat menggunakan kotak saran untuk menyampaikan keluhan secara manual, yang memiliki kendala waktu dan kenyamanan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk merancang dan membuat sistem informasi pengaduan layanan masyarakat berbasis web seluler sebagai pengganti digital untuk meningkatkan efisiensi prosedur penyampaian dan penanganan keluhan.Prototipe adalah teknik yang digunakan dalam proses pengembangan yang memungkinkan umpan balik dan penyesuaian yang cepat dari pengguna dan pengembang.Teknik seperti tinjauan pustaka, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. PHP, HTML, JavaScript, CSS, kerangka kerja CodeIgniter, dan basis data MySQL digunakan dalam pengembangan sistem ini. Perangkat seluler dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan antarmuka sistem berkat desainnya.Hasil penelitian ini adalah sistem layanan pengaduan yang memungkinkan konsumen untuk menyampaikan keluhan secara daring, memantau status keluhan mereka, memeriksa komentar puskesmas, dan membuat laporan rutin.
Copyrights © 2025