Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

R Rancang Bangun Sistem Informasi Profil Sekolah Berbasis Website Menggunakan Metode System Development Life Cycle

Talar, Susanti Nebo (Unknown)
Ishak, Martinus Irwanto (Unknown)
Deta, Bernadete (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengusulkan perancangan dan pembangunan sistem informasi profil sekolah berbasis website untuk SMK Swasta Teluk Hading. Di era digital saat ini, memiliki profil sekolah daring menjadi esensial untuk menyampaikan informasi secara cepat, akurat, dan komprehensif kepada masyarakat luas, termasuk calon siswa dan orang tua. SMK Swasta Teluk Hading saat ini belum memiliki sistem informasi berbasis website yang representatif, sehingga informasi mengenai profil sekolah, kegiatan, dan prestasi belum tersampaikan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi profil sekolah yang efektif dan informatif, serta menguji kelayakan sistem yang dibangun. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall, yang dikenal sistematis dan terstruktur. Tahapan SDLC meliputi perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Sistem ini akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, dan database MySQL. Diharapkan sistem ini dapat meningkatkan kualitas penyampaian informasi, mempermudah akses informasi bagi masyarakat, dan mendukung proses promosi sekolah. Pengujian sistem akan dilakukan menggunakan metode Black-Box Testing untuk memastikan fungsionalitas sistem berjalan sesuai harapan dan User Acceptance Testing (UAT) untuk memastikan sistem diterima dan mudah digunakan oleh pengguna akhir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...