Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 015 UjungBatu

Wahyuni, Lusi Aprili (Unknown)
Lingga , Leny Julia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS setelah diterapkan Model Tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas V SDN 015 Ujungbatu. Penelitian ini menggunakan semacam penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini menggunakan dua jenis data: data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Subjek pada penelitian ini yaitu wali kelas V dan siswa kelas V SDN 015 Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk e-modul berbasis Technological Knowledge yang dapat digunakan pada jenjang SD sebagai bahan ajar atau pegangan buku ajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif yaitu analisis data tahap pendahuluan dan analisis data validasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Perencanaan pembelajaran IPAS dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dibuatkan kedalam bentuk perangkat pembelajaran yang disusun sesuai dengan langkah-langkah model TGT. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran TGT terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan dengan penerapan model TGT dilaksanakan dengan langkah-langkah yakni Presentasi di kelas, Pembentukan tim, Melakukan permainan, Melakukan tournament dan Memberikan rekognisi.Penilaian hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS dengan penerapan model TGT di siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 51 dan di siklus II mendapatkan nilai sebesar 71,3. Artinya pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa sudah dikatakan meningkat berdasarkan interval keberhasil yang sudah ditentukan. Penilaian pembelajaran IPAS menggunakan model TGT dilakukan dengan penilaian hasil ulangan harian siswa. Penilaian pembelajaran IPAS dengan menggunakan model TGT mengalami peningkatan dimana siklus I rata-rata kelasnya 66,4 sedangkan siklus II rata-rata kelasnya 83,59.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...