Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 2 (2025)

Sosialisasi dan Edukasi untuk Membangun Kualitas Pelayanan BRI Cabang Indramayu Demi Kepuasan dan Loyalitas Nasabah

Wahyudin, Wahyudin (Unknown)
Suseno, Agustian (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Nugraha, Asep Erik (Unknown)
Kusnadi, Kusnadi (Unknown)
Fitriani, Risma (Unknown)
Arifin, Jauhari (Unknown)
Sukanta, Sukanta (Unknown)
Nugraha, Billy (Unknown)
Maulidin, Wildan Fatchan (Unknown)
Aminatin, Nita (Unknown)
Amin, Moh. Rizha Fauzi (Unknown)
Satria, Soma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Kualitas pelayanan perbankan merupakan faktor penting dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Indramayu menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas layanannya di tengah persaingan perbankan yang semakin ketat, baik dengan bank konvensional lainnya maupun layanan berbasis fintech. Untuk itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan BRI melalui sosialisasi dan edukasi kepada staf dan nasabah. Program ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan, termasuk survei kepuasan nasabah, sosialisasi layanan digital, serta pelatihan bagi pegawai bank dalam meningkatkan keterampilan pelayanan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan fisik (tangible) dan interaksi layanan (intangible) berdampak positif terhadap kepuasan nasabah. Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan juga meningkatkan pemahaman nasabah mengenai layanan digital perbankan, sehingga mendukung peningkatan inklusi keuangan. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan pentingnya peningkatan fasilitas layanan, penguatan kompetensi pegawai, serta edukasi berkelanjutan bagi nasabah dalam menciptakan pengalaman layanan yang optimal. Dengan demikian, upaya peningkatan kaualitas layanan secara berkelanjutan menjadi kunci dalam membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah di tengah dinamika industri perbankan yang terus berkembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

reswara

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Reswara adalah Jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dharmawangsa (LPkM UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika ...