Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program bimbingan belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Banjar Kemuning, Sidoarjo. Desa Banjar Kemuning, seperti banyak desa lainnya di Indonesia, menghadapi tantangan dalam akses dan kualitas pendidikan. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melibatkan siswa Sekolah Dasar di desa tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan belajar efektif dalam meningkatkan keinginan belajar, pengetahuan konseptual, dan antusiasme siswa dalam belajar. Faktor-faktor pendukung keberhasilan program antara lain antusiasme siswa, dukungan guru, dan keterlibatan orang tua. Namun, terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti jadwal yang bentrok dengan kegiatan lain dan kesulitan belajar siswa. Bimbingan belajar memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan. Keberhasilan program ini bergantung pada dukungan berbagai pihak, dan perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui dampak jangka panjangnya.This study aims to examine the effectiveness of tutoring programs in improving the quality of education in Banjar Kemuning Village, Sidoarjo. Banjar Kemuning Village, like many other villages in Indonesia, faces challenges in access to and quality of education. Using a qualitative descriptive methodology, this study recruited villagers' primary school pupils. The study's findings demonstrated that the tutoring program was effective in raising students' drive to learn, conceptual knowledge, and enthusiasm for learning. Factors supporting the success of the program include student enthusiasm, teacher support, and parental involvement. Schedule conflicts with other activities and students' learning disabilities are two of the many challenges that must be solved. Tutoring has great potential to improve the quality of education in rural areas. The success of this program depends on the support of various parties, and further research is needed to determine its long-term impact.
Copyrights © 2025