Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 8, No 1 (2025): Eklektik

Penerapan Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMKS Al Ikhlas Pangkalan Susu

Siregar, Dwi Rayana (Unknown)
Ulfah, Fadilla (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMKS Al Ikhlas Pangkalan Susu pada mata pelajaran Akuntansi, khususnya materi jurnal umum, melalui penerapan video pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar secara signifikan dari pra-siklus hingga siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 33,3% pada pra-siklus, menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 63,7 menjadi 78,3. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif dapat membantu siswa memahami konsep jurnal umum dengan lebih baik sehingga meningkatkan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Akuntansi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...