Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 8, No 1 (2025): Eklektik

Pengaruh Blended Learning dan Penggunaan Platform Canva terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI (Fase F) di SMAS Islam Terpadu Hasanka

Sukarno, Zulfikar Adilla (Unknown)
Rohaetin, Sri (Unknown)
Alexandro, Rinto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning dan penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAS Islam Terpadu Hasanka. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Islam Terpadu Hasanka pada kelas XI-A dengan jumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer berupa nilai pretest dan posttest dengan menggunakan intrumen tes, serta jawaban/respon peserta didik diambil menggunakan angket serta data sekunder berupa rapor pendidikan tahun 2023 dan 2024 dan hasil belajar Sumatif Akhir Semester Ganjil tahun 2024/2025 . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan blended learning terhadap hasil belajar. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan positif penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan blended learning dan penggunaan platform Canva terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...