AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENGGUNAAN GAMIFIKASI UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Claritas, Ingit Mreta (Unknown)
Ambarwati, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengoptimalkan literasi dan numerasi siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Gamifikasi mengintegrasikan metode pembelajaran yang inovatif dan dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa akan dilibatkan pemahaman tentang bacaan narasi yang ditampilkan beserta soal numerik yang relevan. Dampaknya, siswa tidak hanya diajarkan untuk meningkatkan kognitif saja, tetapi juga diajarkan tentang keterampilan sosial dan komunikasi untuk menyelesaikan masalah sesama teman sejawat. Namun keberhasilan penerapan gamifikasi, juga bergantung pada dukungan guru dan fasilitas yang memadai. Dengan pendekatan yang lebih terstruktur, maka guru dapat memberikan pengalaman yang bermakna serta mampu mendukung penguasaan kompetensi literasi dan numerasi secara holistik. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif, serta mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital. Melalui penerapan gamifikasi, diharapkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya mampu mengoptimalkan keterampilan literasi dan numerasi siswa, tetapi juga dapat membentuk pola pikir yang kritis, kreatif dan kolaboratif. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AN-NAS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Focus and Scope of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results for applicate that have been achieved in the area of community services. The journal is published 2 (two) times in 1 year. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat of the sciences of ...