J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 14 No. 2 (2025): J+PLUS, Desember 2025 (In Press)

Inovasi Pengajaran Seni Hadrah Sebagai Upaya Meningkatkan Nodernisasi pada Komunitas Al-Banjari Mizanul Mahabbah di Desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

Hadina, Garini (Unknown)
Susilo, Heryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pengajaran seni hadrah yang dilakukan oleh Komunitas Al-Banjari Mizanul Mahabbah di Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo mampu mendorong proses modernisasi tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisional dan keagamaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dibawah metode fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pembina komunitas dan anggota Al-Banjari. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunitas Al-Banjari Mizanul Mahabbah berhasil melakukan inovasi melalui pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube sebagai sarana syiar dan pelatihan, serta pengembangan pola latihan yang fleksibel dan responsive terhadap karakter anggota, dimana Latihan yang fleksibel dan responsif terhadap karakter anggota berarti kegiatan latihan tidak dijalankan secara kaku, melainkan disesuaikan dengan kondisi, jadwal, dan gaya belajar masing-masing individu. Dengan demikian, setiap anggota dapat mengikuti proses pengajaran hadrah sesuai kemampuan dan kenyamanannya, tanpa merasa ditekan atau tertinggal. Faktor pendukung kegiatan berasal dari dukungan masyarakat, struktur pembinaan yang konsisten, serta jejaring kolaboratif. Adapun hambatan utama adalah resistensi sebagai warga terhadap kebisingan saat latihan malam hari. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi tinggi komunikasi yang lebih sistematis antara komunitas dan masyarakat sekitar, serta pengembangan platform digital yang lebih professional untuk memperkuat syiar budaya religi dalam skala yang lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...