SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya
Volume 20, Nomor 1 (April 2025)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Sari, Mega Indah (Unknown)
Kasmawati, Andi (Unknown)
Mustaring, Mustaring (Unknown)
Bahar, Elma Amalia (Unknown)
Kamue, Yurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman guru PPkn terkait Model Problem Based Learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. (2) Penerapan Model Problem Based Learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; dan (3) Faktor yang menjadi penghambat bagi guru PPKn dalam menerapkan Model PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikit kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif, maka dari itu untuk mencapai suatu tujuan penelitian digunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru PPkn sebanyak tiga orang di SMA Negeri 7 Makassar. Subjek penelitin adalah peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 7 Makassar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru PPKn memiliki pemahaman yang mendalam mengenai keterkaitan Model Problem Based Learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; (2) Model Problem Based Learning dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui langkah-langkah sistematis dan proses diskusi peserta didik mampu: menganalisis informasi kompleks menjadi informasi sederhana, memecahkan masalah kontekstual dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan, mengevaluasi hasil temuan peserta didik lain dengan memberikan pertanyaan kritis, mensintesis informasi yang telah ada untuk mendapatkan infromasi baru, dan menyimpulkan suasana pembelajaran melalui kegiatan refleksi; dan (3) Faktor yang menjadi penghambat bagi guru PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik yaitu kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda, sikap orang tua yang tidak demokratis terhadap anaknya dan keterbatasan waktu pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

supremasi

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

egal Studies: Criminal law, civil law, constitutional law, human law, customary law, Islamic law, government and regional autonomy. Pancasila and Civic Education: Studies of the state foundation and ideology, democracy, conflict resolution, nationalism, Pancasila and civic education, national ...