Program ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan belajar matematika soal cerita siswa SD dengan menerapkan model Polya dikombinasi dengan media Peta Harta Karun. Metode pelaksanaan adalah simulasi dan praktik bimbingan belajar matematika berbasis studi kasus. Prosedur kegiatan meliputi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Efektivitas program dicapai melalui analisis data pretes-postes dan angket respon siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : 1) Bimbingan belajar matematika dilaksanakan dengan memberikan pretest-bimbingan pemecahan masalah model Polya-bimbingan belajar dengan media Peta Harta Karun, dan diakhiri dengan postes dan pemberian angket. Hasil asesmen menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest 37,78 menjadi 77,78. Analisis angket menunjukkan dampak psikologis positif berupa peningkatan motivasi belajar (85%), penguatan kepercayaan diri (78%), dan penurunan kecemasan matematika (62%) pada siswa. Pendekatan ini menunjukkan potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025