Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Tingkat Literasi Fisik Siswa Kelas 5 SD Berdasarkan Hasil Pre-Test Cannadian Assessment Of Physical Literacy Second Edition (CAPL-2): Penelitian

Ai Faridah (Unknown)
Dian Permana (Unknown)
Agung Praseptiana Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi fisik siswa sekolah dasar pada aspek aktivitas fisik. Literasi fisik merupakan salah satu indikator penting dalam upaya mewujudkan pola hidup sehat sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek seluruh siswa kelas 5 SDN 6 Nagrikaler yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes CAPL-2 pre-test yang meliputi aspek aktivitas fisik melalui pengukuran PACER test, plank, dan CAMSA (Canadian Agility and Movement Skill Assessment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas fisik siswa adalah 15,1. Berdasarkan kategori penilaian, sebanyak 1 siswa (3,3%) berada pada kategori Kurang, 9 siswa (30%) berada pada kategori Cukup, 13 siswa (43,3%) pada kategori Baik, dan 7 siswa (23,3%) pada kategori Sangat Baik. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki tingkat aktivitas fisik yang baik, namun masih diperlukan intervensi khusus untuk meningkatkan partisipasi aktivitas fisik bagi siswa yang berada pada kategori Kurang dan Cukup. Pengukuran literasi fisik dengan instrumen CAPL-2 terbukti efektif untuk memberikan gambaran objektif sebagai dasar perencanaan program peningkatan aktivitas fisik di sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...