Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaraan Cooperative tipe Jigsaw terhadap kemampuanpemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII B yang terdiri dari 28 siswa dan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis yang terdiri dari 3 soal uraian dan angket self-confidence yang terdiri dari 25 pernataan. berdasarkan hasil perhitungan, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 40% dan kelas kontrol 29%. Self-confidence siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 21,25% dan kelas kontrol 17,9%. Selain itu, hasil uji hipotesis diperoleh H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi peluang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence pada materi peluang di SMP Negeri 1Wulla Waijelu. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-confidence, Cooperative tipe Jigsaw, Peluang.
Copyrights © 2025