Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 6 No. 3 (2025): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fruit Tea di Kota Batam

Valensia , Stephany (Unknown)
Purba, Tiurniari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, promosi, dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Fruit Tea di Kota Batam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada persaingan ketat dalam industri minuman teh kemasan, serta pentingnya strategi pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 128 responden yang merupakan konsumen Fruit Tea di Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari citra merek, promosi, dan influencer marketing, sedangkan keputusan pembelian merupakan variabel dependen. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek, promosi, dan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Fruit Tea. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan minat beli masyarakat melalui pemanfaatan media digital dan peningkatan citra merek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...