Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pengaktifan VTEC menggunakan alternatif pemasangan VTEC Switch Control Pedal Gas terhadap torsi dan daya Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A. Penelitian ini membandingkan torsi dan daya VTEC Off (tanpa menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas) dengan VTEC On (menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan torsi dan daya yang signifikan pada Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A dengan menggunakan VTEC Switch Control Pedal Gas (VTEC On) dengan hasil t hitung=6,3600 untuk torsi, dan t hitung=252,8458 untuk daya yang lebih besar dari t tabel=2,3534. Hasil persentase peningkatan torsi dan daya juga memuaskan, dengan hasil peningkatan 7,08% untuk torsi dan 68,51% untuk daya. The purpose of this study is to examine the effect of activating VTEC using an alternative installation of VTEC Switch Control Pedal Gas on the torque and power of Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A. This study compares the torque and power of VTEC Off (without using VTEC Switch Control Pedal Gas) with VTEC On (using VTEC Switch Control Pedal Gas). This research method uses an experimental method. The results of this study showed a significant increase in torque and power in the Honda Accord Cielo 1995 Engine Swap F23A using VTEC Switch Control Pedal Gas (VTEC On) with the results of t counts = 6.3600 for torque, and t counts = 252.8458 for power greater than t table = 2.3534. The results of the percentage increase in torque and power are also satisfactory, with results increasing by 7.08% for torque and 68,51% for power.
Copyrights © 2025