Rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Mataram menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu alternatifnya adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain post-test only control group. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat normalitas, homogenitas, uji-t, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Mataram tahun ajaran 2024/2025.. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung (3,23) > ttabel (2,004) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (82,31 > 72,71). Sehingga disimpulkan bahwa model ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori sedang dan nilai keberartian sebesar 0,85.
Copyrights © 2025